Kalau anda masih bingung dengan konsep bahasa ini, anda bisa bayangkan gambar di samping ini, karena meteorjs sangat mudah dan cepat dalam proses production dibandingkan dengan bahasa lain semisal PHP yang sudah menjamur di dunia ini.

Saya tidak akan menerangkan panjang lebar mulai dari daftar isi atau kata pengantar, yang perlu diingat adalah meteorjs adalah kepanjangan dari Nodejs. Konsep dari Nodejs adalah titik, dimana dengan titik-titik tersebut, kita bisa membuat/memnggambar apa aja dengan dunia programming yang sekarang. amazing banget bukan tp dari semua amazing yang kita buat, semua  kembali ke kita. Nodejs bukan web framework oleh karena kita ingin membuat aplikasi web base maka kita harus pilih web framework semisal meteorjs.

Instalasi MeteorJs sangat mudah, plus anda dapat bonus Mongodb database nosql. Konsep database sekarang NoSQL dimana semua data biasanya tersimpan dalam memory dan dalam bentuk json.

buka console anda, kalau di windows Run trus ketik cmd enter, sebagai contoh saya akan buat create project dengan nama myproject.

meteor create myproject
cd myproject
mkdir client
mkdir server
mkdir public
mkdir lib

meteor add mizzao:bootstrap-3
meteor add msavin:mongol
meteor add iron:router
meteor add aldeed:autoform
meteor add aldeed:collection2
meteor add accounts-password
meteor add fortawesome:fontawesome
meteor add momentjs:moment
meteor add mrt:flash-messages
meteor

 buka di browser anda di localhost:3000, tampilan meteor pertama kali akan muncul.

sekarang kita tambahkan folder di client, server, public dan lib. Folder ini akan memisahkan bisnis logic aplikasi kita menjadi lebih mudah untuk struktur dan susunannya.

Untuk editor saya memakai Webstorm versi 10, btw anda bisa juga memakai sublime versi free atau editor kesukaan anda sendiri.

 

 

Leave a Comment:



digital_ocean